Kamis, 28 Februari 2013

20 days @ Bojong Barat

Terasa berat ketika akhirnya harus mengawali semester akhir ini dengan PKL di Desa, mata kuliah Program Intervensi Gizi Masyarakat yang saya baru 'ngeh' sekarang ternyata bobotnya 4 SKS.. subhanallah :)
Tahun ini kita ditempatkan di Kecamatan Bojong Barat, Kabupaten Purwakarta. 72 mahasiswa disebar ke 14 Desa di Kecamatan Bojong.

4 Februari 2013
Saya dan 4 orang kawan (Caca, Macik, Hanna, Laras) ditempatkan di Desa Bojong Barat, desa terkota dibanding desa lain dan konrakan kita hanya kurang lebih 100 meter dari pasar.
Berangkat diantar truk tentara, sampai di kecamatan dengan perut sedikit mual & pusing karena masuk angin naik truk terbuka. tapi seru, unforgettable!
Hari pertama diawali dengan MMD Kecamatan yang sedikit memanas, karena ada data-data yang menimbulkan pertanyaan dari pihak Puskesmas Bojong, tapi alhamdulillah berjalan lancar. dilanjut dengan MMD Desa dengan peserta yang hadir 6 juta orang.. hhe (hanya 6 orang), semuanya ibu kader posyandu. Sedikit yang datang karena cuaca tidak mendukung. Walaupun cuma sedikit yang hadir, tapi esensi dari kegiatan alhamdulillah bisa tersampaikan.
Malam pertama kita masih berharap besok sudah hari terkahir, belum kerasan...

5-6 Februari 2013
Belum ada kegiatan intervensi, waktu dihabiskan dengan mempersiapkan materi dan media-media yang akan digunakan padahal seharusnya sudah disiapkan sebelum sampai di desa, hhe
di hari rabu, saya dan caca belanja ke pasar untuk membeli sayur dan daging yang akan kita masak, dan kita blum 'ngeh' kalau hari itu adalah hari pasar. Lumayan padat tapi kalau dibandingkan pasar di Bandung, masih jauh sih. dan ini hidangan makan malam yang kita nikmati

Midog/pizza mie-menu makan malam hari ke-2

setiap makan selalu ada bon cabe, abon sapi dan kering tempe, itu menu wajibnya :)

7-15 Februari 20
Mulailah kita disibukkan dengan intervensi di masyarakat, bentuknya penyuluhan-penyuluhan dan konseling (yang 'membosankan' tp jadi seru, kan ada saya.. hhe), mulai dari penyuluhan ibu balita, ibu hamil, anak SD, ibu-ibu pengajian terus refreshing kader posyandu.                                                       
Penyuluhan di Posyandu
Penyuluhan Pengajian Ibu-ibu
Penyuluhan di SD
Demo Masak
Ada juga demo masak.. kelompok kami membuat kue singkong lapis buah, sama seperti kue lapis singkong, tau g? selain itu kita juga ngadain lomba masak nya, buat ibu balita. Alhamdulillah respon dari pesertanya baik. ada 8 orang ibu balita, perwakilan dari 4 posyandu, dan masakan yang mereka buat juga udah banyak yang memenuhi prinsip gizi seimbang. 
Kita juga latihan senam untuk lomba di kecamatan.. walaupun akhirnya ga juara, dapet peringkat ke-4, tapi seneng banget bisa makin deket sama dasawisma, ibu pkk, teh orin (bedahara desa).

16 Februari 2013
Acara Kecamatan!! lomba ranking 1 untuk anak SD kelas 5, terus lomba senam untuk ibu-ibu kader posyandu, rame, seru, amazing! 
senang karena bisa ketemu teman-teman dari desa lain :)
dan pulangnya kita nebeng mobil bak terbuka, gratisan & gokil.. hhe
Beres dari acara kecamatan kita ga langsung pulang ke kontrakan, tapi ke acara sunatan anaknya pa lurah

berpose bersama pejuang senam dan di hajatan Pa Lurah :)

17 - 21 Februari 2013
Mulai disibukkan lagi dengan evaluasi-evaluasi, kembali lagi mulut kita berbusa-busa buat wawancara sampel, hhe.. alhamdulillah berjalan sesuai target walaupun dalam pelaksaannya kita ga prosedural banget. maaf yah bu dosen..

oh iyah, sehari sebelum kita pulang ke Bandung, kita main dulu ke kolam renang di Desa Cihanjawar. Katanya sih itu airnya dari Gn.Burangrang. Tempatnya cozy banget dan waktu kita kesana itu lagi kosong, jadi serasa kolam sendiri. sayang foto-fotonya belum saya copy dari temen..

22 - 23 Februari 2013
Yeah.. akhirnya sudah di penghujung hari kami di Bojong Barat. Diawali dengan MMD dan ditutup kembali dengan MMD 'ngaliwet mantap'. sejak MMD akhir ini kita udah mulai tahan-tahan biar ga nangis. lumayan sedih, tapi masih bisa ditahan. ada quote bagus dari Pak Sekdes 
Jangan sayangkan perpisahan, tapi seharusnya pertemuan lah yang patut disayangkan. Karena disetiap pertemuan, pasti ada perpisahan
huhu.. si bapak bijak banget, setuju sih pak, tapi kalau tidak ada pertemuan, kita gak akan kenal sama orang pak :)

Pagi hari sebelum pulang, kita ikut senam dulu bareng ibu-ibu. daaan, akhirnya jebol juga tangisan kita.. termasuk macik dan caca pas ketemu dengan ibu yang bersih2 di rumah Pak Lurah, padahal mereka itu yang paling susah nangis. terimaksih untuk semua pihak yang telah mewarnai hari-hari kami disana, Semoga Allah berikan keberkahan untuk Desa Bojong Barat, warganya sehat-sehat dan jauh dari masalah gizi
aamiin:)

20 hari di Bojong Barat berlalu begitu cepat
awalnya kami berat untuk menghabiskan waktu disana
dan akhirnya kami pun berat, untuk meninggalkannya
karena di Bojong Barat
kami menemukan keluarga baru
keluarga yang erat dan hangat
Bojong Barat selalu dihati dan dinanti

2 komentar:

  1. kangen yaaaaa :D
    hahah
    kangen sama ekspresi mr. hamdan :p wkwk

    good post niss,, ayooo lanjutkan menulis !!
    heheh
    #blogwalking yooooo ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah..
      biar terdokumentasikan gitu ca, hhe

      masih belajar nih, mohon dukungannya kakaak :D

      Hapus